Pertama Kali dalam Sejarah, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018


Bolalova.blogspot.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia untuk pertama kalinya mencatat sejarah gemilang dengan menjadi juara Piala AFF U-16. Didikan Fakhri Husaini ini memenangkan laga Piala AFF 2-18 setelah mengalahkan Thailand dengan skor Full Time 1-1 dilanjut dengan Penalti 4-3 untuk Indonesia yang dilaksanakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada hari Sabtu (11/08/2018).

Gol pertama yang sekaligus menjadikan Timnas Indonesia memimpin pertandingan tercipta dari seorang pemain pengganti yaitu Fajar Fathur pada menit ke-33. Namun sayang, pada menit ke-72 Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan kerasnya Apidet Janngam.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir yang berujung dengan adu penalti. Pada saat penalti, Ernando Ari menjadi pahlawan bagi Timnas Indonesia karena telah berhasil menahan tendangan yang dieksekusi oleh dua pemain Thailand yakni Apidet Janngam dan Pongsakom Innet.

Dari kubu Indonesia, 4 orang eksekusi yaitu Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendi Juliansyah dan David Maulana berhasil membobol gawang Thailand dengan sempurna.

Sebelumnya, Indonesia pernah tercatat masuk final turnamen 2013 pada Piala AFF U-16. Namun sayang, gelar juara masih diraih oleh Thailand yang menjadikannya gelar terbanyak bersama dengan Vietnam dengan jumlah tiga gelar (2007, 2011, 2015).

Babak Pertama

Pada babak pertama kedua tim mengheningkan cipta untuk korban bencana gempa bumi di Lombok yang belum lama terjadi. Begitu peluit babak pertama ditiup, Indonesia dan Thailand sama-sama melakukan serangan bertubi-tubi. Namun Tim Indonesia yang berhasil menembakan tendangan keras ke gawang Thailand dari kaki seorang Mochamad Supriadi di menit keempat. Namun sayang tendangannya masih tepat mengenai tubuh kiper Anuchid Taweesri.

Tendangan dari Mochamad Supriadi tersebut menjadi motivasi bagi pemain timnas lainnya untuk mencetak gol. Al hasil kesempatan emas datang pada menit ke-14 yang dimiliki oleh Bagus Kahfi. Bagus Kahfi berhasil mengecoh para pemain yang menghadangnya dan langsung melesatkan tendangan keras dengan kaki kirinya. Namun sayang tendangan tersebut masih membentur tiang gawang.

Sebelum mencapai pertengahan pertandingan, pelatih Fakhri Husaini mengganti Amanar Abdillah dengan Fajar Fathur. Penggantian pemain tersebut ternyata tidak sia-sia, Andre Oktaviansyah memberikan umpan lambung jarak jauh kepada Fajar Fathur yang dapat dieksekusi dengan baik hingga membuahkan gol. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Pada babak kedua, situasi semakin sengit dengan perlawanan yang semakin berat dari Thailand. Namun Timnas Indonesia berhasil menahannya dan tidak membiarkan Thailand memiliki peluang untuk menciptakan gol.

Timnas Indonesia semakin bersemangat menyerang dengan mengandalkan kecepatan dari Mochamad Kahfi dan sempat memberikan umpan silang namun masih bisa dikendalikan oleh tim lawan.

Merasa aman di menit-menit terakhir, Indonesia malah kebobolan pada menit ke-72. Tendangan dari Apidet Janngam mampu merobek gawang Indonesia yang menjadikan skor 1-1 bertahan hingga akhir. Untuk menentukan pemenang, akhirnya dilakukan tendangan penalti.

Susunan Pemain

Timnas Thailand U-16 menggunakan formasi 4-4-2 dengan para pemain:
Anuchid Taweesri
Arthit Bua-Ngam
Chatmongkol
Jakkarong Sanmahung
Pongsakorn Innet
Thanarin Thumsen
Sarawut Saowaros
Thanakrit Laorkai
Sattawas Leela
Sitthinan Rungreang
Thodsawat Aungkongrat

Pelatih: Thanarin Thumsen

Timnas Indonesia U-16 menggunakan formasi 4-3-3 dengan para pemain:
Ernando Ari Staryadi
Bagas Kaffa
Fadilah Nur Rahman
Komang Teguh
Yudha Febrian
David Maulana
Brylian Negiehta
Andre Oktaviansyah (Hamsa Lestahulu 68)
Mochammad Supriadi (Rendy Juliansyah 78)
Bagus Kahfi
Amanar Abdillah (Fajar Fathur 17, Sutan Zico 73)

Pelatih: Fakhri Husaini


Comments