BJ Habibie Meninggal Dunia, Berikut Biografi Presiden Ke-3 yang Bikin Kalian Kagum

Nama lengkap beliau adalah Bacharuddin Jusuf Habibie. Pria yang mempunyai gelar Prof. Dr. Ing H. ini lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, tepatnya tanggal 25 Juni tahun 1936. BJ Habibie meninggal di Jakarta pada 11 September 2019 di umurnya yang ke 83 tahun. Berikut ini biografi lengkapnya.

Presiden Republik Indonesia yang ketiga ini pernah menjabat sebagai wakil presiden RI ke-7 menggantikan Try Sutrisno. B.J. Habibie menggantikan Soeharto yang pada saat itu mengundurkan diri dari jabatan presiden tanggal 21 Mei tahun 1998.

Setelah masa jabatan beliau habis, kemudian digantikan oleh Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur yang pada saat itu terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil dari pemilu 1999. Masa jabatan B.J Habibie hanya 2 bulan 7 hari sebagai wakil presiden dan 1 tahun 5 bulan sebagai presiden. Oleh karenanya, B.J habibie memiliki masa jabatan sebagai presiden dan wakil presiden terpendek yang pernah ada.

BJ Habibie Meninggal Dunia, Berikut Biografi Presiden Ke-3 yang Bikin Kalian Kagum

bj habibie, bj habibie sekarang, bj habibie wafat, bj habibie tutup usia, bj habibie muda, bj habibie wikipedia, bj habibie presiden, bj habibie quotes, bj habibie anak, bj habibie terkini, bj habibie meninggal, anak bj habibie, bj habibie biografi, bj habibie biography, pendidikan bj habibie, anak bj habibie meninggal, biografi bj habibie singkat, prestasi bj habibie

Dari semua presiden yang pernah terpilih, hanya B.J. Habibie yang berasal dari etnis Gorontalo. Sulawesi. Ayahnya keturunan Kabila, Gorontalo dan etnis Jawa dari Ibunya yang berasal dari daerah Yogyakarta.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menginisiasi dibangunnya Monumen B.J. Habibie di depan pintu gerbang utama Bandar Udara Djalaluddin, di Kabupaten Gorontalo. Selain itu, masyarakat Provinsi Gorontalo pun sempat mengusulkan nama B.J. Habibie digunakan sebagai nama universitas negeri setempat, menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo yang masih digunakan.

Biodata B.J. Habibie

Presiden Indonesia ke-3
Masa jabatan: 21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999
Wakil Presiden: Tidak ada
Pendahulu: Soeharto
Pengganti: Abdurrahman Wahid

Wakil Presiden Indonesia ke-7
Masa jabatan: 11 Maret 1998 – 21 Mei 1998
Presiden: Soeharto
Pendahulu: Try Sutrisno
Pengganti: Megawati Soekarnoputri

Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia ke-4
Masa jabatan: 29 Maret 1978 – 11 Maret 1998
Presiden: Soeharto
Pendahulu : Soemitro Djojohadikoesoemo
Pengganti: Rahardi Ramelan

Kepala Badan Pengusahaan Batam ke-3
Masa jabatan: Maret 1978 – Maret 1998
Pendahulu : JB Sumarlin
Pengganti: Junus Effendi Habibie

Informasi pribadi
Lahir: 25 Juni 1936
Afdeling Parepare, Celebes, Hindia Belanda
(Parepare, Sulawesi Selatan)

Meninggal dunia 11 September 2019 (umur 83) di Jakarta, Indonesia
Kebangsaan: Indonesia
Jerman (Kehormatan)

Partai politik: Golkar
Pasangan: Hasri Ainun Besari

Nama Anak:
Ilham Akbar

Orang tua:
Alwi Abdul Jalil Habibie
Tuti Marini Puspowardojo

Alma mater:
Universitas Indonesia Bandung
Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen

Profesi: Insinyur

Berita Meninggalnya B.J. Habibie Sampai Trending dan Ditulis di Berbagai Portal Berita Online

Salah satu media online yang membahas berita duka tentang tutup usianya yaitu kompas. Disana menjelaskan bahwa Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia akibat penyakit yang telah lama dideritanya. Habibie dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Kabar bahwa Ir. Habibie meninggal dunia disampaikan langsung oleh putra Habibie, Thareq Kemal. Menurut kabar, ayahnya telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019 lalu.

Selain anaknya, keponakan Habibie, Rusli Habibie, memberitakan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat hari Rabu tadi (11/9/2019). Rusli bercerita "Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak-anak beliau, sudah di tempat,". Selain dirinya ada juga Mas Ilham, Mas Thareq, kakak dan adiknya juga sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah berkumpul juga menemani Habibie.

Dengan penuh harap, Rusli pun meminta semua rakyat Indonesia mendoakan untuk kesehatan beliau. “Tadi juga Pak Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR) memimpin do'a. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal yang itu semua adalah ikhtiar keluarga bagi kesembuhannya.

Selengkapnya bisa dibaca di laman kompas.com dengan judul "BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD",
yang ditulis oleh Ambaranie Nadia Kemala Movanita dan diedit oleh Icha Rastika.

B.J Habibi Wafat, Berikut ini Do'a Untuk Orang Meninggal Laki-laki

doa untuk orang meninggal, bj habibie, bj habibie sekarang, bj habibie wafat, bj habibie tutup usia, bj habibie muda, bj habibie wikipedia, bj habibie presiden, bj habibie quotes, bj habibie anak, bj habibie terkini, bj habibie meninggal, anak bj habibie, bj habibie biografi, bj habibie biography, pendidikan bj habibie, anak bj habibie meninggal, biografi bj habibie singkat, prestasi bj habibie

SHARE KE TEMAN KALIAN AGAR SEMUA ORANG MENDO'AKAN BELIAU, SEMOGA HUSNUL KHOTIMAH AMIIN...


Nah itulah tadi bio dan data lengkap mengenai biografi Presiden RI ketiga B.J. Habibie yang sangat mengagumkan dan bisa mengharumkan nama bangsa. Namun berita duka datang dari keluarganya, yang mengabarkan bahwa ayah dari Thareq Kemal Habibie ini meninggal dunia. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, Amiin.

sumber: wikipedia, kompas

Comments

  1. Terimakasih informasinya, kunjungi juga http://bit.ly/2Gef352

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai bahasan artikel