Biodata dan Profil Lengkap Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Presiden Joko Widodo

Biodata Lengkap Sujiatmi Notomiharjo, ibunda presiden Joko Widodo yang hari ini dikabarkan meninggal dunia, tepatnya 25 Maret 2020 di usianya ke 77 tahun. Berita duka ini dikonfirmasi oleh staf khusus Presiden, Angkie Yudistia. Untuk tau lebih lanjut mengenai beliau kita akan bahas profil dan biodata lengkapnya termasuk Nama Asli, Suami, Pendidikan, tanggal lahir, nama anak dan data diri lainnya.

Biodata dan Profil Lengkap Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Presiden Joko Widodo

biodata sujiatmi notomiharjo, biodata sujiatmi, biodata sujiatmi jokowi, biodata ibunda jokowi, biodata sujiatmi lengkap, sujiatmi jokowi, profil sujiatmi, suami sujiatmi, suami sujiatmi notomiharjo, suami ibunda jokowi

Sosok seorang ibu selalu memberikan contoh/figur yang baik bagi anak-anaknya. Begitupun juga Bu Sujiatmi yang telah mencontohnya kepada Jokowi untuk menjadi pribadi yang lemah lembut, sopan, santun, kalem, penuh semangat dalam bekerja, dan juga sederhana.

Meninggalnya Ibu Jokowi ini dibenarkan oleh staf khususnya yakni Angkie Yudistia.

"Iya betul, saya juga mendapatkan info tersebut dari sekretaris pribadi Bapak (Joko Widodo)," ujar Angkie, Rabu sore.

Sujiatmi Notomiharjo lahir pada 15 Februari 1943, yang berarti saat ini ia pulang menghadap sang pencipta di umurnya yang ke 77 tahun. Ia merupakan pasangan dari Wirorejo dan Sani, seorang pedagang kayu asal Giriroto, Ngemplak, Boyolali. Usaha kayu ini tidak ia lakukan sendirian, melainkan dibantu bersama suami tercinta Widjiatno Notomiharjo.

Pernah suatu ketika, Bu Sujiatmi ditanya tentang resep rahasia dalam mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik dan sederhana.

"Yang penting, mendidik anak itu harus jujur di segala bidang. Ojo milik punya orang lain yang bukan hakmu".

"Dari kecil anak-anak saya didik yang bukan hakmu jangan kamu ambil. Jangan seneng punya orang lain", kata Sujiatmi kepada sahabat keluarga tersebut.

Dari pernikahan Ibu Sujiatmi dan almarhum Notomiharjo, lahirlah sosok laki-laki yang saat ini menjadi orang nomer satu di Indonesia, Joko Widodo. Selaku anak sulung, Jokowi mempunyai adik yakni Iit Sriyantini, Idayati, dan Titik Ritawati.

Semua keluarganya dididik dengan baik, mereka menanamkan budi pekerti, kesederhanaan, dan rendah hati. Kepada anak sulungnya itu, Ibunda telah berpesan bahwa jadilah orang yang selalu amanah.

"Saya cuma mengingatkan saja. Kamu bukan hanya milik keluarga, sekarang sudah punya bangsa Indonesia" Kata beliau.

Ibu Sujiatmi pernah sekolah di SD Kismoyo bersama kakak lelakinya, dimana saat itu hanya dialah siswa perempuan. Jarak sekolah dari rumahnya cukup jauh, namun ia tempuh dengan berjalan kaki tapi terkadang juga memakai sepeda.

Seperti diungkapkan Sujiatmi dalam buku Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi (2014), karya Kristin Samah dan Fransisca Ria Susanti, Sujiatmi tidak ingat apakah ia bersekolah dengan bersepatu dan berseragam.

Ia hanya mengingat, rambutnya berwarna hitam dan selalu dikepang dua oleh ibunya.

Pelajaran yang paling ia sukai adalah berhitung. Ia selalu menantikan gurunya saat pelajaran itu akan dimulai. Ia selalu berusaha mengacungkan jarinya agar bisa mengerjakan soal di depan kelas. Karena ia yakin, kelak kemampuan berhitungnya tesebut bisa bermanfaat dalam membantu usahanya.

Pertemua Sujiatmi dan Widjiatno

Sang suami, Widjiatno, adalah teman bermain Mulyono, kakak Sujiatmi yang umurnya tiga tahun lebih tua dari dirinya.

Ketika mereka bertemu, saat itu Widjiatno di bangku SMA, sedangkan Sujiatmi di SMP.

Widjiatno ketika beranjak dewasa mengubah namanya menjadi Notomiharjo. Ia mempunyai perawakan yang berparas halus dan bertubuh gagah. Ia tinggal di Dusun Klelesan, masih daerah Gumukrejo bersama kakeknya.

Orang tua Notomiharjo tinggal di Desa Kranggan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar yang terletak sekitar 25 Km dari Boyolali.

Sujiatmi dan Widjiatno menikah di usia yang terbilang muda. Sujiatmi 16 tahun sedangkan Widjiatno 19 tahun. Keduanya memang belum lulus sekolah, namun pada saat itu wanita yang berusia 16 tahun sudah jamak menikah. Tidak hanya dirinya, teman-temannya pun banyak yang menikah di usia muda.

Itulah biodata dan profil lengkap Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Presiden Joko Widodo yang hari ini telah meninggalkan kita semua. Semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya. Amiin. Artikel ini diambil dari beberapa sumber.

Comments